Beli Tanah atau Rumah di 2021, Jika Anda disuruh memilih antara beli tanah atau rumah, mana yang akan Anda pilih? Pasti kebanyakan dari Anda mengalami kebingungan karena keduanya sama-sama penting, harga mahal dan selalu naik, serta dapat sebagai investasi di hari tua.

Dari segi kemudahan menjual juga sama, kalau punya uang pasti setiap orang tertarik untuk beli tanah atau rumah. Apalagi sekarang ini, harga tanah dan rumah yang semakin naik membuat Anda harus cepat-cepat memutuskan beli tanah atau rumah sebelum harganya mahal dalam beberapa tahun ke depan.

Namun kembali lagi ke pribadi masing-masing, aset mana yang harus didulukan? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, berikut beberapa plus minus tanah dan rumah yang harus Anda ketahui yang sudah Admin Panderman Land tulis.

1. Harga Masing-Masing Aset Berbeda Signifikan

Tentu saja harga menjadi faktor pertimbangan penting ketika kamu dihadapkan dengan opsi beli rumah atau tanah. Secara umum, membeli tanah di perumahan memang lebih murah dibandingkan membeli tanah (jika kedua pembelian dilakukan di daerah yang sama). Pasalnya, pembeli tanah tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bangunan.

Namun, kamu perlu mengkalkulasi biaya pembangunan rumah yang akan dilakukan nantinya karena membangun rumah sendiri belum tentu lebih murah. Apalagi, jika kamu tinggal di daerah perkotaan besar di mana harga bahan bangunan dan pekerja bangunan sudah sangat tinggi. Hal tersebut dapat membuat biaya pembangunan rumah melambung beberapa kali lipat.

2. Biaya Perawatan Aset

Keduanya sama-sama memiliki biaya perawatan, untuk nominalnya berbedaa tergantung dari berapa luas aset tersebut. Secara keseluruhan, biaya perawatan tanah cenderung lebih murah karena tidak ada yang perlu diperbaiki, kecuali untuk menjaga kesuburan tanah itu sendiri.

Sementara untuk rumah, Anda harus memakai jasa orang untuk bersih-bersih dan mengurus rumah, memperbaiki dinding yang rusak, lampu, genteng, hingga perabotan yang sudah usang. Jika ingin menghemat pengeluaran dalam biaya perawaran, maka tanah adalah opsi yang tepat untuk Anda.

3. Kegunaan Utama Aset

Meski sama-sama properti, namun kegunaan keduanya berbeda. Kalau Anda sedang mencari tempat tinggal, maka rumah adalah opsi yang paling pas karena kamu tinggal bayar, datang, dan bisa langsung menghuninya. Anda tidak perlu menyiapkan biaya tambahan untuk renovasi atau menambah bagian apa pun.

Sedangkan tanah, Anda harus menyiapkan sejumlah dana bila ingin membangunnya. Tapi enaknya, bukan hanya rumah saja yang bisa dibangun. Apabila tanahnya luas, kamu juga bisa membangun tempat usaha dan memgembangkannya untuk mendapatkan keungtungan lain.

4. Konsep Bangunan

Jika yang dibeli adalah tanah, maka Anda punya kesempatan untuk merancang konsep bangunan seperti yang diinginkan. Anda bisa menambahkan bagian-bagian tertentu yang sama sekali tidak dibangun oleh developer, seperti balkon atau backyard. Selagi budget mencukupi, bisa membangun apa saja di tanah kosong.

Sementara kalau beli rumah, Anda tidak punya hak apa pun untuk mengubah konsep bangunannya karena semuanya sudah ditentukan oleh developer. Lain halnya kalau rumahnya sudah menjadi hak milik, maka kamu bisa merombaknya sesuai keinginan. Tapi dengan syarat, harus mengeluarkan uang tambahan lagi.

5. Legalitas

Untuk masalah legalitas, rumah jadi jauh lebih praktis daripada tanah. Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk mengurus surat atau dokumen rumah karena semuanya sudah diurus oleh developer, sesuai dengan kesepakatan. Singkatnya, kamu tinggal terima bersih dan bisa langsung menempati rumah kapanpun diinginkan.

Berbeda dengan tanah yang surat dan dokumennya harus diurus sendiri. Anda juga harus meminta bantuan notaris untuk mengurus legalitas tanah yang ingin dijadikan sebagai rumah. Dan pastinya, ada sejumlah uang yang dikeluarkan selama pengurusan surat-menyurat, termasuk untuk membayar upah notaris itu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa plus minus tanah dan rumah yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan aset tersebut. Jika Anda ingin memiliki tanah atau perumahan syariah di Malang Raya. Anda bisa menghubungi nomor admin kami Kontak Admin atau klik Grand Aisyah dan Lesanpuro Indah. Inshaallah 100% aman dan amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *