Saat anda ingin memiliki rumah syariah di malang, tetapi tidak mampu membeli secara tunai maka skema cicilan rumah syariah adalah salah satu pertimbangan utama anda. Skema cicilan rumah syariah juga menentukan apakah transaksi tersebut benar-benar syariah atau hanya kedok syariah saja sebagaimana yang saat ini sedang marak terjadi.

Pandermanland adalah developer rumah syariah atau hunian syariah terpercaya di malang. Pandermanland sangat memperhatikan dengan serius masalah ini, jangan sampai transaksi syariah namun mengandung unsur riba yang bisa merugikan anda dan keluarga. Secara umum skema cicilan syariah terdiri dari 3 macam:

Baca Juga: 7 Keuntungan Beli Perumahan Syariah di Malang

Skema Cicilan melalui Bank Syariah Resmi (Swasta maupun Negeri)

Skema cicilan melalui Bank Syariah Resmi ini sering disebut KPR syariah. KPR Syariah adalah salah satu cara untuk Anda dalam melakukan kredit pemilikan properti. Bank Syariah umumnya akan memberikan syarat-syarat yang bisa Anda ikuti agar Anda bisa mengajukan kredit dengan mudah. Salah satu jenis KPR syariah yang populer saat ini adalah akad Murabahah.

Akad murabahah merupakan skema kerja sama bagi hasil. Contohnya jika Anda berencana mengambil rumah Grand Aisyah dengan harga Rp. 500 juta dengan menggunakan skema tersebut. Apabila DP atau uang muka KPR syariah disepakati sebesar 30 persen maka Anda harus membayar uang muka sebesar Rp. 150 juta.

Sisanya bank syariah akan membeli rumah tersebut dengan harga Rp. 350 juta dan terjadilah kesepakatan antara Anda dengan pihak penyedia kredit syariah mengenai nilai pembiayaan. Apabila nilai pembiayaan tersebut disepakati dalam angka 9 persen dan dalam tenor selama 10 tahun maka jumlah cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya adalah sebesar Rp. 3.54 juta.

Bank syariah yang memberikan jasa KPR syariah misalnya BCA Syariah, BTN Syariah, dan Bank Syariah Indonesia.

Apakah Skema cicilan melalui bank syariah ini bebas dari Riba?.

Ada yang meyakini KPR Syariah di Bank Nasional masih terdapat unsur riba, ada juga yang berpendapat tidak ada riba. Namun skema yang digunakan pandermand hanya menggunakan skema non Bank.

Skema Cicilan Lembaga Keuangan Syariah non Resmi atau Bukan Bank

Skema cicilan syariah berikutnya adalah menggunakan lembaga keuangan syariah non resmi. Lembaga keuangan syariah ini tidak terdaftar secara resmi di OJK, kadang lembaga ini berbentuk koperasi syariah kecil atau hanya individu atau kelompok yang terlibat aktif memberikan layanan pinjaman uang tanpa Riba.

Alasan Calon Customer menggunakan skema dari lembaga keuangan syariah ini. Pertama, karena persyaratan ditolak oleh KPR syariah, penolakan dari BANK syariah bisa terkait BI Checking atau karena pendapatan customer dianggap belum memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan KPR Syariah. Kedua, Karena menganggap KPR Syariah masih mengandung unsur Riba.

Skema kedua ini, (Sebut saja KPR Syariah tanpa Riba) sedikit mengandung unsur kekeluargaan, sehingga pihak kreditur sangat jeli melihat calon customer tidak hanya dari kemampuan membayar cicilan saja, namun ketaatan dalam beribadah, organisasi islam yang diikuti, tema pengajian serta ustd yang diikuti dan sebagainya.

Contoh skemanya: jika Anda yakin dan berencana membeli rumah Grand Aisyah dengan harga Rp. 500 juta, Maka rumah tersebut akan dibeli oleh kreditur kemudian menjualkan rumah tersebut pada anda secara mencicil dengan harga baru yang ditawarkan600 kepada anda. misalnya dia menjual ke anda sebesar Rp.600Juta dengan cicilan selama 10 tahun. Besaran DP dan cicilan didiskusikan sesuai keinginan dan disepekati bersama.

Skema CIcilan langsung ke Developer Syariah

Skema cicilan syariah terakhir adalah menggunakan jasa developer. artinya anda mencicil rumah tersebut di developer. . Jenis Skema Cicilan syariah di developer ada 2 jenis. Pertama, Model pembayaran In House. Kedua, Model CIcilan Syariah seperti skema cicilan syariah ke lembaga syariah non resmi bukan Bank diatas.

Model Pembayaran In House

Model Pembayaran Inhouse memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari sudut pandang anda memadangnya. kelebihan model pembayaran In House adalah harga yang dicicil adalah harga pembelian secara tunai. Kelemahannya adalah durasi waktunya pendek, maksimal 5 tahun dan minimal 1 tahun harus lunas.

Model CIcilan Syariah Langsung ke Developer Syariah

Skemanya sama dengan skema cicilan menggunakan lembaga syariah non resmi atau bukan bank diatas, Biasanya developer yang berpengalaman seperti panderman land mencantumkan harga di brosur secara lengkap.

Rumah syariah

1 thought on “Skema Cicilan Rumah Syariah di Malang 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published.